SIDANG GUGATAN PEMBATALAN HAK CIPTA LOGO APKOMINDO MASUK DALAM TAHAP PEMERIKSAAN SAKSI SAKSI

0
354
SIDANG GUGATAN PEMBATALAN HAK CIPTA LOGO APKOMINDO MASUK DALAM TAHAP PEMERIKSAAN SAKSI SAKSI

Beritasiber.com – Jakarta, Perkara nomor: 53/Pdt.Sus-Hak Cipta/2017/PN.Niaga.Jkt.Pst , tentang Gugatan DPP Apkomindo kepada  Sonny Franslay untuk pembatalan Hak Cipta Logo Apkomindo yang didaftarkan atas nama pribadi Sonny Franslay di PN Jakpus sudah memasuki tahap pemeriksaan keterangan saksi saksi.

Sampai dengan berita ini dilansir dapat disebutkan urutan Proses Sidang yang sedang berjalan di PN JakPus sebagai berikut :

  1. 07 Nov 2017(Selasa) Para pihak diperiksa identitasnya
  2. 14 Nov 2017(Selasa) kesempatan menyelesaikan perkara secara damai, namun sampai dengan sidang ke 2 pihak tergugat (Sonny Franslay) tidak pernah hadir
  3. 21 Nov 2017(Selasa) penyerahan Surat Gugatan dari pihak DPP Apkomindo
  4. 28 Nov 2017(Selasa) Menyerahkan Surat Jawaban dari pihak Pengacara Otto Hasibuan
  5. 05 Des 2017(Selasa) Menyerahkan Surat Jawaban dari pihak Kemen Kumham
  6. 14 Des 2017(Kamis) Menyerahkan Surat Replik dari pihak DPP Apkomindo
  7. 18 Des 2017(Senin) Penyerahan Surat Duplik dari pihak Pengacara Otto Hasibuan & dari pihak Kemen Kumham, namun sidang ditunda karena pihak tergugat rupanya belum siap.
  8. 09 Jan 2018 (Selasa) Penyerahan Surat Duplik dari pihak Pengacara Otto Hasibuan & dari pihak Kemen Kumham
  9. 16 Jan 2018 (Selasa) Penyerahan bukti-bukti dari pihak APKOMINDO, tercatat ada 48 bukti bukti yang diserahkan.
  10. 23 Jan 2018 (Selasa) Penyerahan bukti2 tambahan dari pihak APKOMINDO  ada tambahan 54 bukti lagi, sehingga totalnya 102 Bukti dan Penyerahan bukti2 dari pihak Pengacara Otto Hasibuan sebanyak 6 bukti & dari pihak Kemen Kumham hanya 3 bukti.
  11. 30 Jan 2018 (Selasa) agenda sidang yaitu menghadirikan saksi saksi dari pihak APKOMINDO. Pada sidag yang ke 11 ini telah hadir 5 orang saksi yaitu Onno W. Purbo, Hendra Widya, Andy Ho, Sandy Kusuma dari Bali, Simon Purba dari Solo, namun karena keterbatasan waktu persidangan dan sebagian Hakim anggotanya ada sidang lainnya maka yang sempat memberikan kesaksian hanya Sandy Kusuma dan Simon Purba.
  12. 01 Feb 2018 (Kamis ) agenda sidang masih menghadirikan saksi saksi dari pihak APKOMINDO, hadir dan bersaksi 4 orang yaitu Tecky Tarnadi dari Surabaya (telah berusia 74 tahun & hadir didampingi istri), Lukas Lukmana dari Semarang, Rudi Rusdiah dan Puguh Kuswanto.
  13. 05 Feb 2018 (Senin) Menghadirkan saksi dari pihak APKOMINDO, telah hadir 1 org Saksi Ahli yang hadir secara sukarela tanpa dibayar yaitu Dr. Robintan Sulaiman SH, MH, MA, MM, namun karena menunggu lebih dari 3 jam dan saksi ahli ada janji dengan yang lainnya, maka saksi ahli tidak berkesempatan memberikan kesaksiannya, sedangkan 3 orang saksi yang telah memberikan kesaksiannya yaitu Hendra Widya, Sugiyatmo dan Andy Ho.

Sampai dengan sidang yang ke 13 kalinya sudah diperiksa 9 orang saksi A Charge, dan pada sidang berikutnya akan diperiksa keterangan dari saksi saksi A De Charge dari pihak tergugat.

  1. 07 Feb 2018 (Rabu) agenda sidang ke 14 adalah pemeriksaan saksi-saksi dari pihak Sonny Franslay (Tergugat) yaitu Hidayat Tjokrodjojo, Irwan Japari, Henky Gunawan dan Agus Setiawan Lie.

Dalam Perkara Nomer : 53/Pdt.Sus-Hak Cipta/2017/PN.Niaga.Jkt.Pst ,yaitu Gugatan  sengketa  Hak Cipta dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat Apkomindo terhadap Sonny Franslay (SF) sebagai tergugat I dan tergugat II Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia cq. Dirjen Hak Kekayaan Intelektual cq. Direktur Hak Cipta dan Desain Industri.

Adapun objek gugatan adalah Surat Pendaftaran Ciptaan Nomor 050083 tertanggal 9 Maret 2011 dengan Nomor Permohonan C00201004539 tertanggal 27 Desember 2010 terhadap Seni Logo “APKOMINDO” atas nama SONNY FRANSLAY in casu Tergugat I.

Penggugat sangat berkeberatan terhadap pendaftaran Obyek Gugatan yang telah dilakukan Tergugat I dengan cara sepihak dan diam-diam tanpa sepengetahuan Pengurus dan Anggota APKOMINDO. Hal ini menunjukkan Tergugat I memiliki maksud dan tujuan serta itikad tidak baik dalam melakukan pendaftaran Obyek Sengketa tersebut. Setelah Obyek Gugatan tersebut terdaftar pada Tergugat II, maka terbuktilah maksud dan tujuan serta itikad tidak baik Tergugat I tersebut dimana Tergugat I secara sewenang-wenang telah melarang baik Penggugat selaku Pengurus DPP APKOMINDO maupun Pengurus DPD APKOMINDO serta seluruh anggota Apkomindo di seluruh Indonesia untuk menggunakan Seni Logo “APKOMINDO” tersebut dalam setiap kegiatan Perkumpulan atau Asosiasi. Apabila hendak menggunakan logo Apkomindo haruslah mendapatkan ijin dari Sonny Franslay.

Bahkan Ir. Soegiharto Santoso  selaku Ketua Umum DPP APKOMINDO dan Ketua DPD APKOMINDO Kota Jogjakarta telah dilaporkan ke Kepolisian oleh Tergugat I hingga akhirnya dituntut dan diadili dalam perkara pidana No. 03/Pid.Sus/2017/PN.BTL di Pengadilan Negeri Bantul dengan dakwaan telah menggunakan Seni Logo “APKOMINDO” tanpa mendapatkan ijin atau persetujuan dari Tergugat I.

Ketua Umum DPP Apkomindo periode 2015 – 2018 sempat ditahan selama 43 hari dalam Rutan Bantul akibat tuduhan pemakaian seni logo Apkomindo, meskipun dalam persidangan di Pengadilan Negeri Bantul telah diputuskan bebas dan tidak bersalah.

Dalam agenda sidang hari Kamis (01 Feb 2018) DR. Rudi Rusdiah, BE, MA yang pernah menjabat sebagai Sekjen DPP Apkomindo tahun (1999) dan menjabat sebagai Ketua Umum DPP Apkomindo (2015), dalam kesaksiannya mengatakan,”Saya belum pernah melihat di dalam AD dan ART Apkomindo, maupun di dalam Katalog  Pameran Apkomindo (2000) serta di dalam Tabloid internal Apkomindo (2017) tentang adanya Peraturan/SOP keharusan minta Ijin Pemakaian Merek dan Logo APKOMINDO kepada Saudara Sonny Franslay.”Ujarnya.

Surat Kesaksian Rudi Rusdiah
Surat Kesaksian Rudi Rusdiah

Para saksi A Charge yang lain juga sepakat bahwa  tidak setuju memenjarakan orang hanya untuk masalah penggunaan logo organisasi APKOMINDO yang notabene merupakan sebuah organisasi nir laba dari para pengusaha computer, namun karena merasa sudah diberikan Hak Cipta kemudian disinyalir telah disalahgunakan secara sewenang wenang.

Sidang ke 14 pada hari Rabu (07 Feb 2018) dimana telah hadir saksi A De Charge dari pihak Sonny Franslay memberikan kesaksian bahwa sejak dari tahun 1999 saat kepengurusan Apkomindo dipimpin oleh G. Hidayat Tjokrojodjo sebagai Ketua Umum dikatakan bahwa setiap kali kepengurusan maka selalu meminta ijin kepada Sonny franslay untuk penggunaan logo Apkomindo. Hal ini karena Sonny Franslay dianggap sebagai pencipta seni logo Apkomindo tersebut.

“Surat ijin pemakaian logo kepada Pak Sonny Franslay selaku pencipta seni logo Apkomindo sudah saya buat sejak 21 Desember 1999.  Demikian pula para Ketua Umum setelah saya seperti Pak Hengkyanto Tjokroadiguno dan yang lainnya selalu meminta ijin kepada Pak Sonny. Hal ini dilakukan sebagai penghargaan kepada pencipta sekaligus pendiri Apkomindo dan untuk menghindari terjadinya penggunaan logo Apkomindo yang tidak seharusnya, seperti terbukti sekarang ini, ada pihak pihak yang mengklaim serta menggunakan logo tersebut bahkan sampai digugat di pengadilan,”Terang Hidayat Tjokrojodjo di depan persidangan PN Jakarta Pusat (Rabu ,07 Feb 2018).

Sidang Perkara nomor: 53/Pdt.Sus-Hak Cipta/2017/PN.Niaga.Jkt.Pst , tentang Gugatan DPP Apkomindo kepada  Sonny Franslay untuk pembatalan Hak Cipta Logo Apkomindo yang didaftarkan atas nama pribadi Sonny Franslay di PN Jakpus akan dilanjutkan kembali hari Senin, 12 Feb 2018 di PN JakPus dengan agenda masih pemeriksaan keterangan saksi saksi A de Charge.

(Maz Dharma)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here