Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi Tempat Belajar Shalat Dan Silat Di Jakarta Timur

0
620

Beritasiber.com – Jakarta, Seni beladiri silat merupakan karya seni budaya asli bangsa Indonesia. Betawi memang terkenal dengan tokoh  tokoh persilatan hingga aliran jurus (maenan) yang digunakan seperti Cingkrik, Gie Sau, Beksi, kelabang Nyebrang dan merak ngigel, Naga ngerem dan masih banyak lainnya. Permainan silat Cingkrik dikenal dengan cukup khas sebagai silat betawi pada umumnya.

Seni bela diri Silat Betawi adalah hasil karya para sesepuh masyarakat Betawi yang sampai saat ini masih dilestarikan. Salah satu dari sekian banyak padepokan atau perguruan seni bela diri ini adalah Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi.

Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi Tempat Belajar Shalat Dan Silat Di Jakarta Timur

Sanggar Bojong Rangkong  Putra Betawi  berada di  RT. 07 RW. 11 Bojong Rangkong  Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur tepat di belakang Masjid Jamiatun Bojong Rangkong yang berdiri sekitar setahun yang lalu saat ini mulai tampak kemajuannya.

Adalah H. Yusuf Ketua RT. 07 RW. 11 Bojong Rangkong Pondok Kopi yang telah memfasilitasi Sanggar Bojong Rangkong ini berdiri di rumahnya agar Budaya Betawi ini dapat dilestarikan dan berharap mulai dari tempatnyalah Shalat dan Silat dapat berkembang.

“Selain belajar Silat di Sanggar Bojong Rangkong anak anak wajib belajar mengaji, sehingga pertumbuhan jiwa maupun fisiknya berimbang. Bukan hanya mampu bermain silat untuk kesehatan fisik tetapi secara akhlak dan moral mereka harus digembleng disini.”Ungkapnya kepada media beritasiber.com di Sanggar Bojong Rangkong (2 oktober 2018).

Bang Ari sosok pemuda Betawi yang ingin agar generasi muda Betawi maju, memimpin Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi ini serta dengan tekun melatih anak anak muridnya. Dia menuturkan,”Siapa saja anak anak di lingkungan sini boleh belajar silat dan mengaji di sanggar kami. Di Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi ini kami ingin menggembleng generasi muda Betawi agar semakin tangguh mengahadapi kemajuan jaman dan tidak ketinggalan namun masih melestarikan ajaran nenek moyang kami terutama Shalat dan Silat. Dan kami tidak meminta bayaran apapun untuk dapat bergabung di sanggar ini. Semua gratis…,”Ungkapnya.

Gayung pun bersambut, upaya untuk untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya Betawi ini pun mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Ketua RW. 11 Kel. Pondok Kopi H. Ipit Purwanto sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutan acara Satu Tahun Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi ini berdiri H. Ipit mengatakan,”Sebagai generasi muda Betawi kalian harus semangat. Kalau saya sebut Sanggar Bojong Rangkong kalian harus jawab…OKE…dan Kalau saya sebut Putra Betawi kalian harus jawab dengan …Hebat…Hebat…Hebat…!, ini sebagai yel yel pemberi semangat,”Ujarnya kepada seluruh anak anak anggota Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi ini dengan penuh semangat.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan di Sanggar ini, semoga bertambah maju dan berkembang. Selain diisi fisiknya dengan ilmu silat di Sanggar Bojong Rangkong ini, kalian juga harus terus belajar mengaji. Insya Allah nanti anak anak ini akan tumbuh menjadi orang orang yang berilmu dan berakhlak mulia.” Tambah H. Ipit Purwanto.

Hadir pula memberikan penghargaan kepada Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi ini Binmas dari Polsek Duren Sawit Aiptu Saefudin, dalam sambutannya dia mengatakan,”Saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya dengan hadirnya Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi ini. Hal ini merupakan dukungan nyata masyarakat untuk berpartisipasi mendidik generasi muda agar tidak salah jalan. Di Sanggar ini dimana anak anak remaja ini diberi pelajaran ilmu silat, tetapi juga mengaji. Dengan mengikuti kegiatan kegiatan ini akan meminimalisir anak anak untuk ikut ikutan tawuran dan berbagai jenis kegiatan negative yang lainnya. Dan saya akan ikut memonitor dan melakukan sinergi yang positif untuk menjamin kamtibmas berjalan baik di wilayah ini,”Ujarnya.

Hadir dalam acara memperingati satu tahun Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi ini, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Ormas Jajaka, Forkabi, Bang Japar Kecamatan Duren Sawit, Babinmas, dan juga Ketua RW 11 Kel. Pondok Kopi. Dalam acara ini juga ditampilkan permainan silat dari beberapa anggota Sanggar Bojong Rangkong Putra Betawi Pondok Kopi yang sangat lincah dan gesit.

 

(Dharma L)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here