Presiden Jokowi Kunjungi Muara Gembong, Tebar Benih Bakau Dan Budidaya Ikan

0
248

Beritasiber.com – Bekasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengunjungi Muara Gembong, Desa Pantai Bakti, Kabupaten Bekasi. Kedatangannya guna menghadiri acara program perhutanan sosial.

Jokowi tiba sekitar pukul 12.30 WIB di lokasi tambak dengan mengendarai motor trail, sebab untuk menuju lokasi tambak hanya ada 1 akses jalan kecil sepanjang 3 km.

Setelah itu, Jokowi langsung mengarah ke sebidang lahan untuk menanam benih bakau. Jokowi juga meresmikan tambak pemanfaatan lahan milik Perum Perhutani seluas 830 hektare (ha) untuk budidaya udang vaname dan ikan bandeng.

Selain itu, Presiden juga melakukan penebaran sekitar 200 ribu ekor benih udang vaname untuk satu petak pembesaran pada tambak 2B seluas 4.000 meter persegi. Hal itu sekaligus menandai beroperasinya unit kawasan budidaya udang vaname Program Perhutanan Sosial.

“Model seperti ini akan kita terapkan di banyak lokasi, bukan hanya di Bekasi saja,” tutur Jokowi di Muara Gembong, Desa Pantai Bakti, Kabupaten Bekasi, Rabu (1/11/2017).

Dalam program ini pemerintah setidaknya telah memberikan akses pengelolaan lahan perhutani seluas 12,7 juta ha bagi masyarakat sekitar hutan, termasuk untuk kegiatan budidaya perikanan.

Di Kawasan Muara Gembong sendiri, Perum Perhutani melepas pengelolaan dan revitalisasi lahan seluas 830 ha untuk pengembangan pertambakan ikan dan udang, di mana untuk tahun ini sebagai program awal akan digarap seluas 17,2 ha. PT Perikanan Nusantara dan PT Bank Mandiri Tbk juga ikut terlibat dalam program tersebut.

Pemerintah menargetkan program ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan produksi udang dan bandeng sebanyak 204 ton per tahun di Muara Gembong. Diharapkan nilai ekonominya mencapai Rp 16,3 miliar per tahun, pendapatan masyarakat pengelola Rp 35-50 juta per tahun dan serapan tenaga kerja lebih dari 425 orang.

Jokowi berharap para petambak Muara Gembong bisa memanfaatkan sebaik mungkin lahan yang diberikan. Dia menegaskan akan kembali untuk memantau perkembangan program tersebut.

“3-4 bulan saya cek lagi ke sini. Udangnya sudah pada nongol apa belum. Kalau enggak ada kegiatan di tanah-tanah yang kita berikan, awas,” tegas Jokowi.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet, Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Dirjen PSKPL Kementerian LHK, Deputi Kementerian BUMN, Dirut Bank Mandiri, Dirut Perhutani, Bupati Bekasi, dan Perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan. [detik.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here