Presiden Jokowi Hari Ini Resmikan Sebagian Tol Becakayu

0
254

Beritasiber.com – Bekasi, Setelah mangkrak sekitar 22 tahun, jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sebagian diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini (3/11/17).

Jokowi pun langsung menjajal tol tersebut. Jokowi naik kendaraan besar roda empat untuk merasakan jalan tol tersebut. Kendaraan berwarna biru tersebut disopiri oleh Anggota Paspampres.

Bagian Becakayu yang diresmikan Jokowi adalah seksi 1B dan 1C dari Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sepanjang 8,26 kilometer (km). Seksi ini menyambungkan Cipinang di Jakarta Timur dan Jakasampurna di Bekasi. 

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja hadir dalam peresmian ini. Di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Selain itu hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar, Dirut Waskita M. Choliq, Dirut Jasa Marga Desi Ariyani dan Dirut Bank BTN, Maryono.

Presiden Jokowi Hari Ini Resmikan Sebagian Tol Becakayu

Pada menteri serta kepala daerah yang hadir ikut mengiringi Jokowi menjajal Tol Becakayu dengan kendaraan di belakang mobil yang ditumpangi Jokowi.

Tol Becakayu sudah lebih dari 20 tahun dibangun, atau sejak 1995. Secara keseluruhan, tol ini menghubungkan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang dikenal dengan nama Tol Becakayu, yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Kresna Kusum Dyandra Marga (KKDM).

KKDM yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road sebesar 98,97% dan PT Jasa Marga Tbk sebesar 1,03%. 

Sejak PT Waskita Toll Road mengakuisisi KKDM pada tahun 2014, Tol Becakayu mengalami perkembangan yang signifikan. Dengan jalan layang (elevated) yang membentang dari wilayah Tambun Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu bagian timur Kota Jakarta sepanjang 23,76 km, Tol Becakayu menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat atas permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat dan berdampak pada waktu tempuh (travel time) yang semakin lama. 

Kehadiran Tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat.

Apabila selama ini waktu tempuh dari Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, dengan dioperasikannya Tol Becakayu diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan. Dari Bekasi ke Kampung Melayu diperkirakan bisa ditempuh dalam waktru 30 menit. Tol Becakayu juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik melalui jalan Tol Cikampek menuju Cikarang, Karawang, Purwakarta, dari Bandung

(Detik.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here