PMK Polines Memberikan Pelatihan Ispring Dan Flash Bagi Guru SMP Negeri 11 Semarang

0
226
PMK Memberikan Pelatihan Ispring Dan Flash Bagi Guru SMP Negeri 11 Semarang

Beritasiber.com – Semarang, Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Politeknik Negeri Semarang ( PMK POLINES) membuat riset mengenai pentingnya Multimedia untuk pembelajaran interaktif berbasis Ispring dan Flash dalam bentuk E-Learning bagi Guru SMP Negeri 11 Semarang dan mensosialisasikannya dengan mengadakan Pelatihan pada tanggal 27 Juli 2018 s/d 3 Agustus 2018.

Pemateri  kegiatan Pelatihan yang bertajuk “OPTIMALISASI WEB UNTUK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING DAN FLASH DALAM BENTUK E-LEARNING, BAGI GURU SMP NEGERI 11 SEMARANG” disampaiikan oleh Bambang Eko Soemarsono, Eni Dwi Wardihani, Eddy Triyono dan Thomas Agung S.

Kepada beritasiber.com Bambang Eko Soemarsono menuturkan,”Pemanfaatan iSpring dan Flash sebagai perangkat pengelolaan pembelajaran merupakan proses pembelajaran secara e-learning dalam menyampaikan bahan pembelajaran, interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan proses melaksanakan evaluasi dilakukan secara online, dengan memanfaatkan web sosial yang sudah ada, tapi tetap harus dilakukan tatap muka agar tetap ada pendampingan.”Ungkapnya

Bambang Eko Sumarsono sedang memberikan pelatihan di SMP Negeri 11 Semarang

Eko lebih lanjut mengatakan,”Seperti kita ketahui bahwa ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point untuk menjadikan bentuk flash. Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).

Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga orang tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah:

  1. iSpring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.
  2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
  3. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
  4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).

Dengan mengaplikasikan sistem pembelajaran E- Learning yang dapat diakses melalui web berbasis iSpring dengan Note Book/ Laptop/ Personal Komputer dan dapat pula diakses OS Android dapat memudahkan dan meningkatkan proses belajar mengajar.

Dalam proses pembelajaran di kelas SMPN 11 Semarang, dari hasil wawancara dengan beberapa guru dirasakan ada beberapa permasalahan seperti kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi kurang fokus dan kurang tertarik mendengarkan materi yang disampaikan guru. Siswa juga sering ketinggalan materi saat mencatat materi yang disampaikan guru dan konsentrasi siswa pun terbagi-bagi. Siswa memerlukan bahan ajar yang disampaikan Guru di dalam kelas, sedang guru harus mencapai tujuan dari pembelajaran. Materi yang diterima oleh siswa belum sepenuhnya menggambarkan pengetahuan yang sebenarnya, karena keterbatasan seorang guru.

Selain itu, pengetahuan yang disampaikan oleh guru masih sering secara konvensional (tidak menggunakan multimedia interaktif).

Hasil riset kami bahwa salah satu platform yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif ialah iSpring dan Flash. iSpring  merupakan salah satu bentuk pembelajaran e-Learning yang ditandem pada web sosial yang menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara cuma-cuma dan mudah digunakan.

  1. Implementasi Pembuatan sistem pembelajaran E-Learning yang dapat diakses melalui web berbasis iSpring dan Flash Player dengan Note Book/ Laptop/ Personal Komputer dan aplikasi pada OS Android dapat dipakai untuk mening-katkan kinerja para guru di SMP Negeri 11 Semarang.
  2. Para guru dapat dengan mudah mengakses proses pembelajaran siswa dimanapun berada jika perangkat yang terhubung dengan internet.

(editor : Dharma L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here