PERINGATI HUT KE 38 YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI METRO KOTA BEKASI GELAR BHAKTI SOSIAL

0
110

Beritasiber.com – Bekasi Kota, Bagi sebagian warga mungkin tidak tahu apa itu Bhayangkari dan juga tugas-tugasnya. Bhayangkari merupakan organisasi perkumpulan istri-istri polisi dari level bintara hingga perwira. Di samping mendampingi suaminya yang merupakan anggota polisi, Bhayangkari juga punya peranan penting baik di dalam maupun di luar organisasinya itu. Sebagai sebuah organisasi, Bhayangkari memiliki banyak kegiatan positif, di antaranya kegiatan-kegiatan sosial.

Ambil contoh, Yayasan Kemala Bhayangkari Metro Bekasi Kota yang diketuai oleh Ibu Youce Indarto mengadakan kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke 38, Peringatan Hari Kartini ke – 139 sekaligus Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, dengan melakukan Pemeriksaan terhadap 206 orang Ibu Hamil secara gratis dan Sosialisasi Program Keluarga Berencana di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bojong Rawa Lumbu, Kecamatan Rawa Lumbu Kota Bekasi hari Kamis, 3 Mei 2018.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Dr. Indarto, SH., S.Sos, SIK., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini seperti yang disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabag Sumda AKBP Sri Budi Hanik,SH.

Sambutan Kapolres Metro Bekasi Kota yang bacakan oleh Kabag Sumda,” Assalamualaikum Wr Wb Permohonan Maaf hari ini Bapak Kapolres tidak dapat hadir dikarenakan ada kegiatan bersamaan saya akan membacakan pesan/amanat Kapolres Metro Bekasi Kota yang terhormat Ibu Ketua Bhayangkari Polres Metro Bekasi Kota,Ibu Persit Kodim 0507 Bekasi ,Plt Kadinkes dan PJU Polres Metro Bekasi Kota dan seluruh peserta sosialisasi dan Baksos. Kita laksanakan sosialisasi dan baksos melalui kegiatan ini diharapkan dampak positif bagi masyarakat Kota Bekasi.Karena itu saya ucapkan terima kasih dan kontribusi terobosannya bakti sosial dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.”

Sementara itu , Kepala Unit Pembantu Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kecamatan Rawalumbu, dr Herlina memberikan penjelasan kepada peserta sosialisasi dan baksos terkait program keselamatan persiapan dan persalinan kehamilan untuk meningkatkan peran aktif saat persalinan dan untuk mengurangi angka kematian bagi ibu hamil.

Dikatakan dr Herlina, bahwa program tersebut, salah satu program depkes dan tujuannya untuk perencanaan KB yang bertujuan untuk bisa mengatur jarak anak dan mengurangi angka kematian ibu hamil.

“Kunjungan pemeriksaan ibu hamil harus rajin karena sangat rentan sekali saat ibu hamil. Tentunya harus di USG agar mengetahui Janin nya dan ini perlu sekali ibu yang sehat harus mengkomsumsi nutrisi”, ucapnya kepada peserta sosialisasi.

Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut tampak hadir, Ketua Bhayangkari Cabang Metro Bekasi Kota Yonce Indarto, AKBP Sri Budi Hanik, SH (Kabag Sunda), Kompol Jayadi (Kasikeu), Kompol Agung Iswanto (Kapolsek Bks Timur) beserta istri yaitu Ibu Herra Agung (Duta Oral Kontrasepsi), Kompol Agustinus (Kasubbagkum), Kompol Erna (Kasubbag Humas), Kompol Sukamto (KSPKT), AKP Yudianta (Kasietipol), , Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Metro Bekasi Kota, Ros Wijonarko, Tanti (Plt Kadinkes), Dwi (Ka UPTD PKM Pengasinan), Dr.Vevi (Kabid Kesmas), Drg Rina (Ka UPTD PKM Bojong Menteng), Ny. Endah (Kodim).
Usai kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan bhakti Sosial dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis terhadap 206 orang ibu Ibu Hamil dan sosialisasi Program Keluarga Berencana yang disampaikan oleh Ibu Herra Agung .

Secara terpisah Ibu Youce Indarto Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Metro Bekasi Kota mengungkapkan betapa pentingnya peran para ibu hamil untuk dapat menjaga kesehatannya semasa kehamilan dan Peran Bhayangkari Metro Bekasi Kota untuk peduli terhadap masyarakat dengan ikut mensosialisasikan program keluarga berencana serta secara langsung mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan para ibu hamil di wilayahnya.
Ibu Youce juga menyempatkan diri melakukan wawancara langsung dengan para peserta giat agar dapat mengetahui secara persis kebutuhan serta keluhan keluhan apa yang mereka rasakan.

Apresiasi atas kegiatan ini disampaikan pula oleh Ibu Tanti Rosilawati, SKM.,M.Kes, selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi,”Kami sangat senang dan berterimakasih kepada para ibu bhayangkari yang ikut peduli dengan kesehatan para ibu hamil. Aksi nyata seperti ini patut didukung oleh semua pihak,”Ungkapnya.

Dalam pantauan media ini, para peserta kegiatan ini para ibu hamil di wilayah Rawalumbu kota bekasi juga sangat antusias mengikuti kegiatan dan merasa senang serta sangat terbantu dengan kegiatan Bhakti Sosial ini. Kegiatan bhakti Sosial pemeriksaan 206 ibu hamil secara gratis didukung pula oleh Direktur RS Karya Medika Bantar Gebang, PT. Indofood Nutrition And Special Food, PT Whoto Indonesia Sejahtera.

Dukungan nyata oleh semua pihak untuk pelayanan kesehatan bagi para ibu hamil yang notabene merupakan sumber bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa ini yang sehat dan berkualitas harus terus digalakkan. Peringatan HUT Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke 38 di bekasi kiranya dapat dijadikan momentum yang baik bagi tumbuh kembangnya kepedulian sosial yang nyata bagi masyarakat.
(Dharma L/Adil/Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here