Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI Dan PNS Kodam IV Diponegoro 2019 Membawa Pesan Persatuan

0
168
Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE.,MM. menghadiri Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro di Balai Diponegoro Senin 13/01/2020.

Beritasiber.com – Semarang, Sekitar seribu orang mengikuti Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro yang memadati Balai Diponegoro di lingkungan Makodam IV Diponegoro Semarang Jawa Tengah, Senin 13 Januari 2020. Mereka bersama sama merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Katopdam IV Diponegoro Kolonel CTP. Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. selaku Ketua Panitia Natal Bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro tahun 2019 mengatakan,” Dengan merayakan kegiatan Natal bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro tahun 2019 ini dapat menjadi sarana membangun harmoni dan kebersamaan antar umat, melalui suka cita natal kita bangun harmoni dalam perbedaan.” Paparnya kepada beritasiber.com

Katopdam IV Diponegoro Kolonel Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT menyalakan lilin natal.

Lebih lanjut Sukanto mengatakan, ” Perayaan Natal yang bertema “Dengan Sukacita Natal Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga Dan PNS TNI AD untuk tetap tegaknya Kesatuan dan Persatuan Bangsa, mengusung pesan Persatuan dalam keberagaman,” Tambahnya.

“Dan tema firman Natal menjadi sahabat bagi semua memberi arti bahwa Sahabat merupakan relasi yang didasari penghormatan, ketulusan dan kesetaraan. Dengan bersahabat, meskipun banyak perbedaan namun kita tetap dapat bermitra dan berkolaborasi untuk mewujudkan tujuan bersama, maka kegiatan ini juga terlaksana berkat kolaborasi dengan semua pihak,” ujar Sukanto Hadi.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE.,MM. memberikan sambutan dalam kegiatan Perayaan Natal Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro hari Senin 01/01/2020.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE.,MM. dalam sambutannya mengatakan,” Natal yang mengangkat tema menjadi sahabat bagi semua orang memberikan pesan bahwa Prajurit TNI dalam tugasnya dapat senantiasa juga menjadi sahabat bagi seluruh lapisan masyarakat.” Terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, sebagai bentuk rasa syukur, dalam merayakan Natal kali ini, marilah kita tunjukkan dedikasi dan kinerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit dan PNS TNI sesuai bidang tugasnya masing-masing.

Selain itu, wujudkan rasa syukur kita dengan tekun beribadah, menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan dan sesama manusia.

“Jadikan perbedaan dan keanekaragaman suku, agama, ras dan golongan yang ada dalam masyarakat kita sebagai anugerah kekayaan sosial budaya yang diberikan Tuhan pada kita”, tegasnya.

Diungkapkan Pangdam, jika mampu hidup dalam kebhinnekaan, niscaya persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang majemuk ini akan tetap kokoh dan tidak akan tergoyahkan.

Hal tersebut sejalan dengan tema Natal 2019 Angkatan Darat yaitu Dengan Sukacita Natal Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga dan PNS TNI untuk Tetap Tegaknya Kesatuan dan Persatuan Bangsa,” imbuh Jenderal dengan dua bintang dipundaknya.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Moehamad Effendi, SE.,M.M menyalakan lilin natal.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro itu mengajak seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro untuk bersama-sama membulatkan tekad mengabdikan jiwa dan raga demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Diterangkan Pangdam, saat ini masih banyak bermunculan isu SARA yang jika tidak disikapi secara bijak, dapat berpotensi menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita bersama bergandengan tangan dengan segenap elemen masyarakat untuk membangun bangsa Indonesia yang memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini dengan mengedepankan kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Tingkatkan kepedulian kita kepada sesama umat manusia dengan menebarkan kebaikan dimanapun kita berada”, pungkas Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Pdt. Gilbert Lumoindong dan Romo Andreas Tri Adi K., MsF didaulat menjadi pelayan firman dalam kegiatan Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI Dan PNS Kodam IV Diponegoro.

Pdt. Gilbert Lumoindong membawakan firman Natal di acara Perayaan Natal TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro 13/01/2020.

Dalam khotbahnya Pdt. Gilbert Lumoindong menyampaikan firman sebagai pesan Natal dengan tema “Menjadi sahabat bagi semua orang” yang intinya antara lain :
1. Sebagai orang Kristen diharapkan dapat memberi nilai tambah, tidak merugikan dan menyusahkan orang lain.
2. Memberikan damai dan sukacita bagi orang lain.
3. Memberi dorongan untuk maju/positif kepada setiap orang.
4. Mengasihi sesama manusia dengan perbuatan nyata.

Pdt. Gilbert Lumoindong mengatakan ,” Untuk menjadi sahabat bagi semua orang kita harus menjadi hamba Tuhan yang mengimani bahwa pertama semua yang kita miliki adalah dari Tuhan. Kedua, Selalu mengucap syukur dalam segala hal. Sesuai dengan perikop Yohanes 3:16,” Terangnya.

Tampak hadir dalam acara perayaan Natal bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro tahun 2019 para tamu undangan dari berbagai kalangan antara lain Seluruh undangan dalam Jajaran Kodam IV Diponegoro, Polri, Para pemuka agama dan tokoh masyarakat serta jemaat jemaat gereja di wilayah Makodam IV Diponegoro di kawasan Banyumanik Semarang.

Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan PNS Kodam IV Diponegoro tahun 2019 dimeriahkan dengan beberapa acara kesenian serta disampaikan juga berkat Tuhan berupa tali asih kepada : Panti Asuhan Gatot Subroto, Panti Asuhan Kristen Sekolah Kehidupan, Panti Asuhan Katholik Cacat Ganda Semarang.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE.,MM. memberikan tali asih.

Semoga Damai Natal membawa iklim yang lebih sejuk dalam kehidupan berbangsa dan negara. Saling menghormati dan menghargai antar pemeluk umat beragama dan bahu membahu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

(Dharma Leksana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here