PERAYAAN IMLEK BERSAMA MAHASISWA KKN STIAB JINARAKKHITA

0
430
PERAYAAN IMLEK BERSAMA MAHASISWA KKN STIAB JINARAKKHITA

Beritasiber.com – Lampung, Mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Budha (STIAB) JINARAKKHITA ikut merayakan Imlek 2569 di vihara Boddhicitta yang terletak di jalan Melati 1 No 132 Pringsewu Lampung (Kamis, 15 Februari 2018).

Umat Buddha yang datang di  vihara Boddhicitta untuk melakukan puja bakti dalam rangka perayaan tahun baru Imlek yang ke 2569.

Puja bakti dimulai pukul 22.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Suhu Pedi dengan membacakan doa-doa suci yang didampingi oleh Suhu Tejo dan Suhu Tina. Para Suhu tersebut adalah anggota dari Sangha Agung Indonesia (SAGIN).   Pembacaan doa-doa suci ini diharapkan memberikan energi positif untuk satu tahun kedepan, agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, dan terhindar dari segala marabahaya.

Perayaan tersebut juga diisi kegiatan  puja pelita. Kegiatan puja pelita dilakukan dengan menyalakan pelita di altar Buddha. Kegiatan puja pelita ini rutin dilakukan setiap pergantian tahun baru Imlek, dengan tujuan untuk mendapatkan berkah kesehatan dan usia panjang.

Perayaan imlek 2560 ini, selain dilakukan pembacaan doa-doa juga diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Suhu Tejo. Dalam ceramahnya Suhu Tejo mengatakan, bahwa harapan akan kebahagiaan dan kesehatan serta kemakmuran dan kesejahteraan bukan hanya ketika tahun baru saja, melainkan setiap saat.

Perayaan imlek tersebut juga dihadiri oleh beberapa anggota kepolisian dan TNI Pringsewu provinsi Lampung, sehingga perayaan tersebut berlangsung aman dan terkendali. Para umat Buddha Vihara Bodhicitta setelah melakukan puja bakti dan puja pelita di Vihara, secara bersama-sama pulang ke rumah masing-masing.

Seperti dalam tradisi yang telah dipelihara selama ini oleh para umat Buddha Tionghoa, di rumah, para umat masih melakukan sembahyang untuk para leluhur mereka yang telah tiada.

(David)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here