Perayaan HUT RI Ke 72 Masyarakat Bintara Jaya Penuh Kesederhanaan

0
206

Perayaan HUT RI 72 di RT. 11 RW. 10 tanggal 16 Agustus 2017 sederhana namun penuh dengan lantunan doa.

Beritasiber.com – Bekasi,  Menyikapi Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 sangat beragam. Ada yang merayakan dengan berbagai macam lomba yang sederhana sampai yang wah… dengan panggung terbuka dan mendatangkan artis artis papan atas,  Ada pula sekelompok masyarakat yang merayakan dengan penuh kegembiraan dengan mengadakan kegiatan kegiatan sensasional, seperti pengibaran bendera di puncak gunung, bahkan di dasar lautan.

Hal yang mungkin luput dari pemberitaan adalah merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dengan senyap. Hanya doa doa dipanjatkan dan silaturahmi antar warga sambil merenungkan bersama apakah kemerdekaan yang secara formal sudah dicapai bangsa ini 72 tahun yang lalu memang telah “memerdekakan rakyatnya dari penjajahan” ?

Rupanya ada sekelompok masyarakat di  RT. 011 RW 010 Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat yang tepat malam 17 Agustus 2017 berkumpul untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia dengan senyap. Puluhan orang dari Bapak- bapak, Ibu, pemuda pemudi bahkan anak anak yang terdiri dari sekitar 141 Kepala Keluarga itu bersama sama memanjatkan doa doa bagi negerinya tercinta.

Renungan  sebagai pengantar tirakatan ini dipimpin oleh Uztad H. Zainal Fanani , MA. yang memberikan dasar dasar pemahaman terkait kemerdekaan ini. Zainal mengatakan,”Merdeka itu harus bersih. Karena ketika para pengurus Negara ini menjalankan pemerintahan dengan bersih, Insya Allah kemakmuran akan merata bagi seluruh rakyat Indonesia,”paparnya.

Sementara itu H. M. Zaini Ketua RW 10 Kelurahan Bintara Jaya memberikan sambutannya,”Kemajuan masyarakat akan lebih mudah dicapai apabila seluruh elemen masyarakat bersatu dengan kerukunan semua pihak dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,”Katanya.

Keluhan muncul dari Ketua RT. 11 RW. 10 Kel. Bintara Jaya H. Suhaedi karena kesulitan untuk melakukan pendataan penduduk yang dalam wilayahnya bersifat rural urban. Dari 141 Kepala Keluarga rupanya hanya 41 KK yang bisa terdata, karena memang tingkat perpindahan penduduk di wilayah ini cukup tinggi. “Memang dimaklumi juga, di wilayah RT 10 ini banyak penduduk yang mengontrak, meskipun mereka tinggal dan berdomisili di wilayah kami namun secara statistik tidak tercatat karena tidak melapor ataupun mengurus perpindahan domisilinya di KK penduduk.”Ujarnya.

“Perayaan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di RT dan RW ini memang sangat sederhana, hanya berkumpul dan bersama sama berdoa bagi kemajuan bangsa dan Negara tercinta ini,” Ujar Bagas Jatmiko ketua Panitia.

Hingar bingar HUT Kemerdekaan RI ke 72 di wilayah RT. 11 RW 10 Kelurahan Bintara Jaya memang berbeda dengan wilayah lain, mereka merayakannya dengan senyap namun penuh lantunan doa.

(Dharma El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here