PASCA VONIS BEBAS KETUM DPP APKOMINDO, JPU ANSYORI LAKUKAN UPAYA HUKUM KASASI

0
160
Sidang Pembacaan Putusan Vonis Bebas Untuk Ir. Soegiharto Santoso di PN Bantul 25/09/17.

Beritasiber.com  – Bantul,  Pasca vonis bebas murni terhadap Ketua Umum DPP Apkomindo, Ir Soegiharto Santoso alias Hoky (55) warga Pesing Poglar Kelurahan Kedaung Kali Angke Cengkareng Jakarta Barat, Jaksa Kejagung RI Ansyori SH akhirnya menyatakan kasasi ke MA. Kasasi dilakukan karena putusan yang diambil majelis hakim diketuai Subagyo SH MHum tak sesuai dengan keinginan jaksa.

Mahkamah Konstitusi memang telah memutuskan bahwa terhadap putusan bebas dapat diajukan upaya hukum kasasi. Hal ini terjadi setelah MK mengabulkan sebagian permohonan pengujian atas ketentuan Pasal 244 UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang mengatur larangan putusan bebas diajukan upaya hukum banding atau kasasi.

MK membatalkan frasa “kecuali terhadap putusan bebas” dalam Pasal 244 KUHAP itu. Ini artinya, setiap putusan bebas dapat diajukan upaya hukum kasasi. Peluang unytuk melakukan upaya hukum ini dimanfaatkan oleh JPU Ansyori untuk melakukan upaya banding.

Semula jaksa menuntut terdakwa agar dihukum selama 6 tahun penjara serta denda Rp 4 miliar subsider 6  bulan kurungan. Jaksa penuntut umum menyatakan  terdakwa melanggar pasal 113 ayat 4 UU RI No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP karena menyuruh melakukan penggunaan logo Apkomindo tanpa izin. Tetapi majelis hakim tak sependapat dengan jaksa dan memutus hukuman bebas murni.

Fotocopy Surat Putusan Bebas Hoky

Menyitir pemberitaan koran Merapi disebutkan bahwa,“Atas putusan tersebut jaksa sudah menyatakan kasasi Jumat lalu. Dengan adanya kasasi maka perkara ini belum inkrach atau berkekuatan hukum tetap,” ungkap Humas PN Bantul, Zaenal Arifin SH kepada Merapi, Senin (2/10).

Setelah menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut, majelis hakim memberikan jangka waktu untuk menyatakan sikap apakah mau menerima putusan atau kasasi. Tetapi setelah 4 hari putusan dibacakan, jaksa langsung menyatakan kasasi.

Sementara Panitera Muda Pidana PN Bantul, Suharna SH MH mengakui, sikap jaksa menyatakan kasasi telah disampaikan langsung jaksa Ansyori ke PN Bantul. Selanjutnya penuntut umum masih memiliki waktu selama 7 hari ke depan untuk menyerahkan memori kasasi. Setelah itu barulah pihak terdakwa atau penasihat hukumnya akan menerima memori kasasi untuk membuat kontra memori kasasi dengan diberi waktu selama 14 hari.

Sementara terdakwa Hoky menyatakan, siap menghadapi upaya hukum yang diambil jaksa dengan melakukan kasasi. Ia tetap yakin akan dirinya tak telibat dalam penggunaan logo Apkomindo tanpa izin sebagaimana dakwaan dan tuntutan jaksa.

Diketahui sebelumnya, sebagaimana dakwaan dan tuntutan jaksa, terdakwa telah didakwa jaksa memerintahkan Ketua DPD Apkomindo DIY,  Dicky Purnawibawa ST untuk melakukan melakukan kerja sama dengan PT Dyandra Promosindo dalam pameran Mega Bazar 2006  Consumer Show pada 5 sampai 9 Maret 2016 di JEC Banguntapan Bantul.

Dalam pameran rupanya dipasang logo Apkomindo yang telah memiliki hak cipta atas nama Sony Franslay sehingga dilaporkan ke Mabes Polri karena tak meminta izin dari pihak pemilik sah. Dari laporan tersebut baik Dicky maupun Hoky ditetapkan sebagai tesangka. Tetapi hanya Hoky yang sempat dijebloskan ke Rutan Bantul sampai diajukan ke persidangan PN Bantul dan divonis bebas tanggal 25 September 2017. (Dharma L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here