Kujungan Simbolik Raja Salman

0
329

Raja Saudi Arabia Salman bin Abdul Aziz

Beritasiber.com – Jakarta, Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) meminta kepada semua anggota DPR/MPR/DPD Senayan untuk menyambut dan medampingi Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz yang rencanannya akan berkunjung pada Kamis (02/03) mendatang.

Raja Salman berada di Indonesia lebih kurang Sembilan hari, mulai tanggal 1-9 Maret 2017. Pada tiga hari pertama berisi agenda kenegaraan resmi dan selebihnya akan diisi dengan berlibur ke Bogor dan Pulau Bali. Selain itu, kunjungan ini menurut Setnov merupakan napak tilas, dimana  47 tahun yang lalu Raja Arab Saudi Faisal bin Abdul Aziz pernah berkunjung ke Indonesia.

“Yang Mulia Raja Salman bin Abdul Aziz diundang oleh Presiden Jokowi untuk berpidato di depan Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI pada 2 Maret 2017,” ucap Setnov di Senayan Jakarta, Kamis (23/02).

Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah membenarkan hal itu. Dikatakan, Raja Salman akan menyampaikan banyak hal di ruang Paripurna tahunan di Gedung Kura-kura DPR RI. Menurutnya, hal ini mengulang apa yang pernah dilakukan oleh Raja Faisal.

“Raja Salman juga akan menyampaikan pandangan dan sikap Saudi Arabia terkait situasi dunia saat ini. Termasuk tentang Islam. Saudi adalah Kerajaan Islam yang memiliki symbol keagamaan utamanya di 2 kota suci umat Islam yaitu Mekah dan Madinah yang berada di Saudi Arabia,” Ucap Fahri Hamzah.

Fahri mengatakan, apa yang dilakukan oleh Raja Salman sangat simbolik, Indonesia membutuhkan teman untuk menghadapi krisis dunia di bidang politik, hukum, ekonomi dan keamanan.

Dengan membawa sebanyak 1500 rombongan termasuk 10 Menteri dan 25 Pangeran, Raja Salman, akan menanamkan investasi senilai USD 25 miliar atau sekitar Rp 332,5 triliun di Indonesia. Salah satunya kerjasama perusahaan minyak Saudi, Aramco dengan Pertamina untuk pengembangan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah, dengan nilai USD 6 miliar atau sekitar Rp  79,8 triliun. (Lip6/pk/dt/dd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here