Kelurahan Klender Jaktim Sosialisasikan Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap 2018 (PTSL)

0
1510

Beritasiber.com – Jakarta, Kelurahan Klender Jakarta Timur yang terdiri dari 18 RW laksanakan kegiatan sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di lantai 3 kantor Kelurahan Klender Jakarta Timur.

Lurah Klender Abdul Rahman Hakim, SIP. mengatakan,”Target kami adalah memenuhi kuota 2500 pemohon sertifikat. Dengan sosialisasi program PTSL ini diharapkan masyarakat dapat menyiapkan surat surat tanah secara lengkap sesuai ketentuan program dan agar pada saat pengukuran sudah siap semua. Dengan sosialisasi penyuluhan program PTSL ini kiranya dapat membantu memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” Terangnya kepada beritasiber.com di kantor kelurahan klender.

Para pengurus RW dan LMK kelurahan Klender sangat antusias dalam mengikuti Sosialisasi Penyuluhan Dalam rangka Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018, di kantor kelurahan klender Jakarta Timur Senin, 2 April 2018.

 

Menurut H. Bardan mewakili Kantor BPN dikatakan bahwa Sertifikat adalah bukti terkuat dalam kepemilikan tanah. Kegiatan PTSL kesempatan dan peluang besar bagi masyarakat untuk mengurus sertifikat, karena pengurusannya tidak dipungut biaya (gratis), karena biayanya ditanggung pemda dan petugas BPN langsung turun ke lokasi untuk mengukur tanah milik warga.

Sebelum Tahun 2017 pengurusan sertifikat gratis namanya Program Nasional (Prona) dengan sisitim melompat lompat. Kemudian prona diganti namanya dari pusat menjadi PTSL, atau gampangnya program penyertifikatan tanah secara massal.

Sistim PTSL sistimya berkelompok dengan melibatkan Ketua RT, RW,Kadus dan Kepala Desa.

Persyaratan untuk mengurus serifikat dengan sistim PTSL, surat kepemilikan tanah seperti surat hibah, Surat jual beli, SKGR, Foto Copi KTP, Foto Copy KK,dan 4 lembar Materai.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki surat tanah sama sekali,dapat dikeluarkan surat sertifikatnya asal Kepala Kelurahan mau mengisi surat Formulir, dengan sempadan yang tidak keberatan,dan lahan tidak sengketa.
(Dharma L)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here