KATOPDAM VI MULAWARMAN KOL. CTP. DR. IR SUKANTO HADI, MT. MEMBERIKAN KULIAH UMUM DI UNIVERSITAS MULAWARMAN

0
1229

Beritasiber.com – Samarinda, Katopdam VI Mulawarman Kolonel CTP. Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. memberikan kuliah umum yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HIMAPGEO) FKIP Universitas Mulawarman Samarinda (13/10/2017).

Kuliah umum diadakan dalam kerangka kegiatan Olimpiade Astrogeo II yang mengangkat tema “Membangun generasi muda yang tangguh dan meningkatkan kualitas pengetahuan akademik dalam bidang geografi”. Acara dibuka oleh Pembantu Dekan I Prof. Dr. Lambang Subagiyo, Msi.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Lambang Subagiyo, Msi. mengatakan,”Dengan kegiatan Olimpiade Astrogeo mahasiswa diharapkan menjadi lebih tertarik lagi untuk mendalami dan menguasai bidang ilmu geografi yang patut dibanggakan untuk membangun dan mempertahankan NKRI.”


Katopdam VI Mulawarman Kolonel CTP. Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. memberikan kuliah umum dengan judul : “Peran Geografi dan Pendidikan Geografi dalam menjaga kedaulatan NKRI” didampingi oleh Dr. Iya Setyasih, Msi sebagai moderator.
Menurut Kolonel yang juga lulusan doktor dari ITB ini,” Kebutuhan akan informasi kebumian saat ini dirasakan makin meningkat, Informasi kebumian menjadi komoditi andalan/strategis. Karena basis data spasial Ilmu Kebumian bersifat dinamis dan aktif sehingga dibutuhkan Geospasial Information Scientist. Manager Ilmu Kebumian adalah pembuat peta. Salah satu upaya memasyarakatkan SIG melalui pendidikan. Sangat diharapkan untuk memasyarakatkan peta dengan membangun kerjasama erat antara Perguruan Tinggi , Asosiasi Instansi sipil/militer.”Paparnya dalam kuliah umum yang disampaikan pada kegiatan Olimpiade Astrogeo II yang diselenggarakan HIMAPGEO FKIP Universitas Mulawarman.
Sukanto Hadi menambahkan ,”Pemanfaatan tehnik dan tehnology bidang survey pemetaan (Geografi, Geodesi) berbasis Tekhmologi informasi menjadi sarana mutlak dalam membangun ruang alat dan kondisi juang (Rak Juang) yang tangguh dalam upaya menjaga tetap tegaknya kedaulatan bangsa (NKRI). Dan yang patut dicatat Indonesia harus mempunyai Kedaulatan Spasial, sebagai dasar menjaga Kedaulatan NKRI.”


Kegiatan olimpiade Astrogeo II dihadiri oleh Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mulawarman, Dr. Laili Komariyah, M.Si Koordinasi Bidang Pendidikan Geografi, Mukhamad Nurhadi, M.Si., Ph.D. Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, Daru Sopianto, Ketau Himapgeo Unmul, Ardiyansah Ketua Panitia Pelaksana Astrogeo II serta para mahasiswa Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Univ. Mulawarman .
(Dharma L – Pemred)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here