Jokowi Setujui Aturan Baru Transportasi Online, Tapi Ada Waktu Transisi

0
119

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet paripurna (Credit : viva.co.id)

Beritasiber.com – Jakarta, Persoalan Permenhub mengenai aturan baru transportasi online  yang memicu aksi demo sejumlah armada angkutan umum beberapa waktu belakangan ini harus segera dituntaskan. Untuk hal tersebut Presiden Joko Widodo, memanggil sejumlah menteri dan kepala lembaga terkait dengan persoalan tarif transportasi, terutama yang berbasis online dan konvensional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Jokowi menyetujui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

“Jadi Pak Jokowi setuju untuk diberlakukan tapi ada proses transisi. Transisi tiga bulan,” kata Budi Karya, usai menghadap Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 31 Maret 2017.

Dia mengatakan, poin-poin disetujui. Termasuk yang berkaitan dengan tarif atas dan bawah. Namun diberi waktu untuk melakukan studi untuk melakukan perhitungan berapa tarifnya.

Presiden meminta Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan, untuk mengkaji dalam waktu studi ini. “Kita akan dielaboriasi dengan kepemilikan perseorangan dengan koperasi,” katanya.

Terkait dengan besaran kuota pada wilayah tertentu, juga menjadi pertimbangan. Agar tidak terjadi praktik pungutan liar. Intinya, kata Budi Karya, Presiden Jokowi meminta agar kepentingan konsumen benar-benar terlindungi. (Dh.L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here