Grand Launching “Saung Nusantara”, Sebuah Kedai Bernuansa Budaya Di Jungklang Krawang

0
2593

Beritasiber.com – Krawang , Sebuah Kedai yang terletak di Jl. Pengairan, kampung Jungklang, Desa Pamekaran, Kecamatan Bayusari, Kabupaten Karawang, Jawa barat dibangun dengan nuansa alami dan mengangkat konsep pelestarian budaya.

Saung Nusantara nama kedai tersebut mengambil slogan “Kumpul Dulur Podo Akur”, seakan ingin menyuarakan pentingnya paseduluran nusantara (Persaudaraan seluruh Nusantara) dalam konteks “Lintas Suku Lintas Agama” merawat Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengapa saya angkat tema untuk kedai saya “SAUNG NUSANTARA” ? Dan bisa dilihat juga unsur warna merah putih dominan dalam kedai saya, karena keprihatinan saya melihat antara suku, agama dan ras yang hidup bersama di NKRI mulai rapuh dan “ditunggangi” kepentingan politik saat ini agak meresahkan,” Terang Rohman Endy Sasmita owner kedai ini kepada beritasiber.com usai launching hari minggu, 29 September 2019.

Rohman Endy sebagai pemilik kedai yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPD PWRI) Propinsi DKI lebih lanjut mengatakan,”Kedai ini saya bangun dengan menekankan semangat persaudaraan, lintas suku lintas agama, karena semangat paseduluran inilah yang menjadikan bangsa dan negara kita kuat.” Tambahnya.

“Untuk menu makanan dan kopi saya mengangkat tema kebudayaan seperti kopi mistik, kopi uka uka dan sebagainya, karena negara timur berbeda dengan negara barat yang sangat rasional, sedangkan budaya timur lebih mengedepankan masalah rasa, tepo sariro, gotong royong dan kekeluargaan, unsur mistisisme lebih kuat dibanding rasionalisme, ini dari sisi budayanya,” Pungkasnya.

Hadir dalam acara Grand Launching Saung Nusantara beberapa aparat Desa Cilamaya, ketua DPD Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DKI Jakarta, Pemred Beritasiber.com, Rekan Wartawan, Rekan rekan dari Padepokan – padepokan seni budaya, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan sambutan dari Sesepuh adat desa cilamaya, saibul hajat, ketua DPD dan tawasulan dengan di iringi do’a bersama serta pemecahan kendi pembukaan saung Nusantara.

Ketua DPD PWRI DKI Jakarta, Syamsudin Robbitullah.S.Pd.I, dalam sambutannya mengatakan,” selamat dan sukses atas usaha barunya, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan.

“Tetap semangat dalam usaha, jangan patah semangat karena jatuh bangunnya usaha sudah lumrah, dan suatu saat pasti ada keberkahan rezeki yang besar untuk menunjang kehidupan,”ungkap Syamsudin Robbitullah S.Pd.I.

Pemilik kedai Rochman Endy Sasmita juga mengucapkan terimakasih atas segenap dukungan rekan rekan, para sepuh, pinisepuh, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Cilamaya dan sangat bersyukur acara launching kedai Nusantara miliknya berjalan lancar.

(Kanjeng Maz Dharma L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here