DIRTIPID NARKOBA BARESKRIM POLRI UNGKAP JARINGAN NARKOTIKA MALAYSIA – BELAWAN, 300 RIBU JIWA TERSELAMATKAN

0
254

Beritasiber.com – Jakarta, Badan Reserse Kriminal Polri Direktorat Tindak Pidana Narkoba bongkar jaringan peredaran narkotika internasional Malaysia – Belawan (Medan) dengan hasil tangkapan  sekitar 100 kilogram narkotika jenis shabu.

Dalam konferensi persnya, Direktur IV Narkoba dan Kejahatan Terorganisir Bareskrim Polri Brigjen Pol. Drs. Eko Daniyanto, MM. mengatakan,”Kami telah menyita 100 bungkus atau sekitar 100 kilogram narkotika jenis shabu yang berarti dapat menyelamatkan tiga ratus ribu jiwa dari potensi bahaya penyalahgunaan narkoba,” Ujarnya.

Eko menambahkan,”Kami berhasil meringkus tiga tersangka kasus narkoba jaringan Malaysia-Belawan-Medan yang akan mengedarkan 100 kg sabu asal Cina yang dibungkus dengan kemasan teh cina warna kuning ini. Sabu asal Cina ini dibawa dari Malaysia dan masuk ke Pelabuhan Belawan melalui jalur laut,” kata Eko kepada wartawan, Kamis (21/12/2017).

Eko menuturkan, pengungkapan kasus ini bermula ketika penyidik menerima informasi adanya upaya penyeludupan sabu.

“Kami langsung membentuk dua tim untuk melakukan patroli di sekitar Pelabuhan Belawan dan berhasil menangkap tersangka berinisial AN alias Man dan SI alias Fi,” jelasnya.

Dari penangkapan itu, penyidik melakukan pengembangan dan menangkap tersangka ES alias Adi yang berperan sebagai pengendali.

Menurut Eko, tersangka AN berperan sebagai kapten kapal yang membawa sabu dari Malaysia, sedangkan SI berperan sebagai pembawa sabu dari atas kapal ke rumah AN, kepada penyidik tersangka mengaku menyembunyikan 100 kg sabu di belakang rumah AN.” ungkapnya.

Ketiga orang tersangka dijerat dengan Pasal 112 ayat 2 junto Pasal 132 yat 1 UU Nomor 35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati atau penjara 20 tahun.

(Adil Sadana/Koko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here