Cek Kesiapan Tahun Baru 2018, Polres Kepulauan Seribu Adakan Patroli Bersama Pemkab Kep.Seribu dan Instansi Samping Lainnya

0
89
Cek Kesiapan Tahun Baru 2018, Polres Kepulauan Seribu Adakan Patroli Bersama Pemkab Kep.Seribu dan Instansi Samping Lainnya (30/12)

Beritasiber.com – Kepulauan Seribu, Jelang H – 1 kegiatan pergantian tahun 2018 pada hari Sabtu 30 Desember 2017 pukul 08.30-14.00 WIB telah dilaksanakan Giat Patroli bersama Polres Kep.Seribu, Pemkab Kep.Seribu dan Instansi samping lainnya dalam rangka kesiapan PAM malam pergantian Tahun Baru 2018.

 

Rombongan berangkat dari Dermaga 11 Marina Ancol menggunakan Kapal Prabu Bahari 1, Hiu 5 dan Praja Bahar

Dalam pantauan media beritasiber.com nampak hadir dalam kegiatan patroli bersama ini ; Bupati Kep.Seribu,  Kapolres Kep.Seribu,  Wabup Kep.Seribu, PJU Pem. Kab.Kep.Seribu,  PJU Polres Kep.Seribu, Kasatpol PP Kep.Seribu, Camat Kep.Seribu,  Imigrasi Klas I Tg Priok,  Kapuskes Kep.Seribu serta Korwil BIN Kep.Seribu.

Adapun saat melakukan kegiatan patroli, Rombongan dibagi 2, wilayah Kep. Seribu Utara dipimpin oleh Bupati Kep.Seribu dan Wilayah Kep. Seribu Selatan dipimpin oleh  Wakil Bupati Kep.Seribu.

Rombongan berangkat dari Dermaga 11 Marina Ancol menggunakan Kapal Prabu Bahari 1, Hiu 5 dan Praja Bahari pada pukul 8.30 Wib.  tiba di Pulau Harapan sekitar pukul 9.30 Wib langsung melaksanakan pengecekan pospam, tatap muka dengan warga, pedagang dan wisatawan serta foto bersama.

Rombongan yang dipimpin Bupati bersama Kapolres Kepulauan Seribu pukul 12.00 Wib melaksanakan Isoma di RPTRA Nyiur Lembayung P.Kelapa. Kemudian rombongan melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan pengecekan penumpang KM Sabuk Nusantara 46 di Dermaga Kecamatan Kep. Seribu Utara, lalu ke  Pulau Putri untuk melaksanakan monitoring wilayah dengan pengelola dan wisatawan.

Terakhir pukul 14.45 wib tiba di Pulau Macan, melaksanakan monitoring wilayah dengan pengelola dan wisatawan serta foto bersama. Kemudian Kapolres beserta PJU kembali ke Marina.

Dalam kegiatan Patroli bersama, Bupati melakukan himbauan kepada warga, pedagang dan wisatawan agar selalu menjaga kebersihan, kesehatan serta kearifan lokal.

Sementara itu Kapolres melakukan himbauan kepada warga dan wisatawan untuk saling menjaga situasi kondusif dalam liburan menjelang akhir tahun. “Kami menghimbau agar masyarakat, baik warga maupun wisatawan bersama sama saling menjaga situasi tetap aman dan kondusif dalam liburan menjelang akhir tahun 2018 ini, apabila terdapat kendala kendala jangan segan untuk melaporkan ke Pospam Pospam maupun Polsek terdekat. Kami siap melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat agar situasi kamtibmas tetap terjaga aman dan terkendali,”Ujar Kapolres Kep.Seribu Akbp. Victor Siagian SIK., M.Si.

Untuk rombongan yang kedua dipimpin Wakil Bupati Kep. Seribu bersama Kabag Ops didampingi Kasat Sabhara dan Kasat Binmas, beserta Forkominda monitoring wilayah Kep.seribu Selatan. Mereka berangkat dari Dermaga 11 Marina, menggunakan Kapal Prabu.

Rombongan kedua dipimpin Wakil Bupati Kep. Seribu bersama Kabag Ops didampingi Kasat Sabhara dan Kasat Binmas, beserta Forkominda

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan :

Di Pelabuhan Kali Adem Pukul 09.00 wib melakukan pengecekan persiapan kapal yang akan mengangkut wisatawan ke Pulau Seribu di Dermaga Kali Adem Muara Angke Penjaringan. Kemudian memberikan arahan kepada petugas : Dishub, KSOP, ( Kepala Sah Bandar Ops Pelabuhan ) dan Captain Kapal serta ABK. Agar memuat penumpang sesuai Gross Tonasse (GT),  menyediakan life jackets sesuai jumlah penumpang, selama perjalanan menghimbau agar penumpang tidak merokok dalam kapal dan agar tetap melakukan kegiatan sesuai SOP. Sekitar pukul 09.30 wib rombongan meninggalkan Dermaga Kali Adem menuju Pulau Tidung.

Tiba di Dermaga Pulau Tidung sekitar Pukul 10.30 wib langsung melakukan pengecekan Pos Pam. Kepada Lurah dan Kasat Pol PP Kep. Seribu Ferry Budiman, Wakil Bupati mengatakan,”Satuan Polisi  Pamong Praja harus melakukan monitoring dengan mengecek warga yang camping di P. Tidung Kecil dan P. Payung. Pastikan para wisatawan terpantau aman,”Pesannya.

Arahan Wakil Bupati kepada Dishub agar pintu gerbang ( keluar / mauk pengunjung ) yang di Dermaga Pulau Tidung untuk kapal Tradisional diperbaiki. Dan kepada sudin Lingkungan Hidup Ardian, agar Kebersihan di pulau dan di laut ( perairan ) selalu dijaga.

Wabub juga melakukan wawancara dengan wisatawan dari Bekasi, keluhan warga tentang sampah baik sampah di darat / di laut.

Rombongan kedua ini melanjutkan patrol ke  Pulau Payung  dan memberikan arahan kepada ibu Rt 06/04 Kel. P. Tidung ( Ibu Salim ) dan Bapak Jamaludin ( pokmaswas ) Pulau Payung. Wabup Kep. Seribu melakukan himbauan :

  1. Agar pengunjung dihimbau agar tetap jaga kebersihan lingkungan.
  2. Agar guide dan Catering tidak menaikkan harga yang tidak wajar.

Selanjutnya pukul 12.20 wib rombongan meninggalkan Pulau Payung. Arahan Wabup kepada Lurah agar malam tahun baru keliling wilayah, dilanjutkan makan siang.

Patroli dilanjutkan cek di Pos Pam Pulau Pari Pukul 14.00 wib dengan arahan Isi buku supervisi / tamu di Pos Pam dilanjutkan Keliling kontrol wisata di Pasir perawan. Dan pukul 14.45 wib meninggalkna P. Pari.

Pengecekan terakhir di Pos Pam Pulau Untung Jawa Pukul 15.00 wib. Arahan Wabub kepada Lurah Pulau Untung Jawa :

  1. Jaga Kebersihan, di dermaga siapkan tempat sampah tiap pojok.
  2. Pengusaha home stay agar direkrut untuk ikut berperan dlm kebersihan.
  3. Selama liburan agar PPSU agar di siagakan untuk bekerja selama 24 jam.
  4. Kontrol Pantai Sakura

Pukul 16.15 wib meninggalkan Pulau Untung Jawa menuju Marina Ancol.

Seluruh rangkaian kegiatan patroli bersama berjalan dengan lancar, aman dan kondusif serta berhasil memberikan gambaran bahwa menjelang kegiatan pergantian tahun 2018 di wilayah Kepulauan Seribu seluruh persiapan telah dilakukan dengan baik.

(Adil Sadana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here