Bakomubin Launching Lima Program Sosial dan Pengembangan Ekonomi Umat

0
34

Beritasiber.com – Jakarta, Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) mencatatkan bulan Ramadhan 1439H sebagai momen yang bersejarah dan spektakuler dalam perjalanan organisasinya dengan meluncurkan sebuah program impian yang disebut sebagai Lima Program Sosial dan Pengembangan Ekonomi Umat Bakomubin.

Ahad, 27 Mei 2018, merupakan momen bersejarah bagi Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin), bertempat di RS Annisa, Tangerang, Bakomubin mencoba bekerja nyata dan berbuat nyata bagi umat Islam dan masyarakat dengan membuat sebuah program impian bersifat sosial dan pengembangan ekonomi umat, yang disebut sebagai Lima Program Sosial dan Pengembangan Ekonomi Umat Bakomubin.

KH. Ahmad Rizal. MSc, Ketua Pelaksana Nasional Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin), menyatakan bahwa Bakomubin akan selalu konsisten dan istiqomah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial dan pengembangan ekonomi umat, “Di saat memasuki tahun politik, dimana begitu banyak orang yang sedang sibuk membangun strategi dan posisi bahkan tidak sedikit yang sibuk mencari kesalahan lawan hingga pencitraan, Bakomubin mengkondisikan turut serta dalam membangun kerepotan, namun kerepotannya bukanlah untuk ambisi pribadi atau jabatan tetapi sibuk untuk mencari ridho Allah”, tambah Ahmad Rizal.

Dalam momen Ramadhan 1439 H ini Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) meluncurkan Lima Program Sosial dan Pengembangan Ekonomi Umat, yaitu:

Festival Mubaligh Indonesia
Program yang disebut juga sebagai Indonesian Da’I Idol ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan barisan mubaligh yang visioner, cerdas dan memiliki metode dakwah rahmatan lil’alamin dalam rangka penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program ini bukanlah sebuah program copy paste atau dalam rangka merekrut 200 ulama versi Kementerian Agama, namun lebih kepada menyiapkan generasi milenia di 514 Kabupaten/ Kota di 34 Provinsi di Indonesia yang juga didukung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Sosial, Kementerian Agama, dan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Pengembangan Ekonomi Umat
Program pengembangan ekonomi umat ini berbasis pesantren dan masjid, serta bekerja sama dengan Bank Indonesia, sehingga diharapkan semua elemen masyarakat muslim dapat didorong menjadi pelaku ekonomi. Program ini dilaksanakan oleh Hj. Holida Hanum sebagai kordinator.

Operasi Katarak dan Bibir Sumbing
Program ini dilaksanakan untuk membantu umat dan masyarakat yang menderita penyakit katarak dan bibir sumbing agar dapat diberikan pelayanan kesehatan dan operasi yang dibutuhkan. Program ini dilaksanakan oleh Dr. Syibroh Malisi sebagai kordinator.

Khitanan Masal Nasional
Program ini dilaksanakan untuk membantu umat dan masyarakat dalam mengkhitankan anak-anaknya. Program ini dilaksanakan oleh Dr. Arif Nasution S.Pa sebagai kordinator.

Bakomubin Launching Lima Program Sosial dan Pengembangan Ekonomi Umat

Konsorsium 100 Rumah Sakit Islam di seluruh Indonesia
Program ini dibantu oleh Ust. Ranu Arifudin selaku Bendahara Umum.
Dalam sambutannya sebagai Ketua Umum Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin), Prof. Dr. KH Deddy Ismatullah SH. MH. mengatakan, “Kendatipun Bakomubin merupakan ormas yang tidak memiliki subsidi anggaran, namun Insya Allah yakin program tersebut dapat terlaksana dengan baik, karena kami bermodalkan: (1) Bismillah (2) Lillah (3) La haula Wa la Quwwata Illa Billah”. Beliau juga mengutip salah satu ayat dalam Al Qur’an yang berbunyi, “Bertaqwalah kamu dan carilah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, karena itu berjihadlah agar kamu mendapat keberuntungan”.

Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) adalah sebuah organisasi berbasis gerakan dakwah yang didirikan oleh para kyai, ustadz, ulama, dan aktifis pergerakan Islam yang sudah malang melintang dalam perlintasan sejarah pergerakan Islam di Indonesia seperti KH. Drs. Toto Tasmara, KH. Makhrus Amin, KH. Ibrahim Ridwan Ibrahim Lubis, KH. Anwar Sanusi, KH. Tatang M. Natsir, serta mubaligh dan ulama lainnya. Saat ini Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) dikomandani oleh Prof. Dr. KH. Deddy Ismatullah. SH. MH sebagai ketua umum dan Abdurrahman Tarjo selaku Sekretaris Jendral. Sebagai bagian dari kiprahnya dalam kegiatan sosial dan pengembangan ekonomi umat, pada Ramadhan 1439 H kali ini Bakomubin luncurkan lima program sosial dan pengembangan ekonomi umat.

(sumber : Ranu A. editor : Dharma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here