AAI Tanda Tangani MoU dengan UNIJA Untuk Penyelenggaraan PKPA

0
339

Beritasiber.com – Jakarta, Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Jakarta (Unija) tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Advokat di kampus Unija Pulomas, Jakarta Timur (08/03/2019).

Ketua Umum AAI Muhhamad Ismak, SH., MH., dalam sambutannya mengatakan,” Sesuai dengan Surat Keputusan MA bahwa organisasi organisasi advokat sudah diperbolehkan mengadakan PKPA, mengambil kesempatan ini, Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) melakukan kerjasama dengan Universitas Jakarta untuk menyelenggarakan PKPA,” terangnya.

Ismak menambahkan bahwa PKPA merupakan pembekalan agar para advokat dapat men jalankan profesinya sesuai dengan standar kompetensinya dan tidak asal asalan. Dengan PKPA yang digarap bersama Unija ini akan dibuat kurikulum yang memprioritaskan praktek dengan porsi 70 persen, dan 30 persennya teori.

Lebih jauh Ismak mengatakan,” Untuk di AAI PKPA akan diselenggarakan selama 1 bulan, lalu calon advokat melakukan praktek magang selama 2 tahun kemudian baru diambil sumpah.”paparnya.

AAI Tanda Tangani MoU dengan UNIJA Untuk Penyelenggaraan PKPA, Jumat 8 Maret 2019

Rektor Universitas Jakarta (Unija) Tjindra Parma, SH., MH., dalam sambutannya mengatakan,” Hal ini merupakan awal dari sebuah kerja besar dalam kerangka pembangunan hukum Indonesia, karena kita masih sulit berharap banyak karena polisi jaksa hakim masih penuh kekurangan, sehingga advokat diharapkan dengan pkpa dapat membekali aspek aspek formalnya,” Ungkapnya.

Rektor Unija Tjindra Parma, SH., MH., melanjutkan,” Sesungguhnya yang paling penting adalah etikanya, etika yang hilang sangat memprihatinkan, diharapkan kita mulai dengan menegakkan etika profesi. Mempelajari ilmu formalnya gampang, tapi etika sangat sulit. Semoga penandatanganan MoU dengan AAI pada hari ini dapat menjadi cikal bakal sesuatu yang besar,” Harapnya.

Dekan Fakultas Hukum Unija Arif Hartanto, SH., MH., menambahkan soal detail pelaksanaan program bahwa training akan dimulai pada 30 april 2019 selama satu bulan dan semoga berjalan dengan baik, yang paling tidak ada perbaikan yang berkesinambungan.

Acara penandatanganan kerja sama AAI dan Unija tentang penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Advokat ini berjalan lancar. ( Koko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here